Dangdut is the Music of My Country

6.2.09

Tadi aku liat tayangan di infotaimen Indosiar *ngiklan niy x)* tentang Bang Roma Irama dan ke-eksisan dangdut di luar negeri (amerika). Hm.. Aku jadi ngerasa malu banget karena sebagai orang Indonesia tulen, aku sering banget gak mau ngedenger yang namanya dangdut. Misalnya nih, kalau lagi ngedengerin radio trus tiba-tiba ada lagu dangdut, langsung deh aku pindahin frekuensinya. Padahal yah, nun jauh disana (amerika misalnya) ada orang yang menyukai dangdut sampe holic banget. Sedangkan aku? Yang selama-hampir-18 tahun tinggal di Indonesia nggak pernah merasa senang sama yang namanya dangdut.

Well,tanpa menuduh dan tanpa memihak pihak manapun, mungkin aku agak ilfil yah sama goyangan-goyangan yang ada di setiap nyanyian dangdut. Seru sih kalau ada suara gendang yang khas dan kita turun buat having fun dengan joget sana-joget sini. Tapi, kalau udah joget yang aneh-aneh apalagi sampe menimbulkan napsu, waduh nggak deh.

Aku akuin buat nyanyi dangdut emang gak gampang dan nggak semua orang bisa. Jujur, aku salut sama penyanyi-penyanyi dangdut Indonesia yang kalo nyanyi cengkoknya mantabs dan suaranya melengking banget. Sebenernya, walopun aku agak gak seneng sama dangdut karena alasan yang diatas, tapi aku bangga sama dangdut. Mungkin aku harus ngerubah sudut pandang aku tentang dangdut. Mau gimanapun juga, dangdut itu musik asli dari Indonesia yang harus dilestarikan dan di jaga agar nggak dicuri sama bangsa lain.

Mungkin di dalam lubuk hati kalian juga tertanam rasa cinta terhadap dangdut (jujur deh,kalau ngedenger lagu dangdut, di pikiran kalian ada irama-irama yang mengikuti entakan lagu kan? Ayo ngakuuu... XDD) tapi nggak kalian sadari. Aku juga gitu kok. Sehabis nonton infotaimen itu aku jadi inget kalau dulu waktu aku SD, setiap pulang sekolah,aku selalu karokean dirumah dengan 2 lagu andalan yaitu:
1. Gula-Gula - Elvi Sukaesih
2. Selamat Malam - Evitamala
hoho.. Ketawan deh :P

Jadi, tanpa disadari perlahan aku menanamkan rasa malu terhadap kebudayaan asli negara sendiri. Aku nggak mau gini terus. Sebagai anak asli Indonesia, kalau nggak aku, siapa lagi yang bakal mencintai musik asli Indonesia?
Like ProjekPop said: "dangdut is the music of my country"

;)

You Might Also Like

1 comment(s)

  1. betul-betul.

    dangdut ada yang enak juga kok. hehehe.

    jangan malu.

    ReplyDelete

So, what do you think? Leave your comments below!