Another Story About the Fact of Global Warming!

3.1.10

Ryoto: Saat ini hewan-hewan di Kutub Utara, terutama beruang kutub utara sedang menderita akibat pemanasan global.
Seno : Fenomena pemanasan global?
Ryoto: Jumlah beruang di cagar alam yang akan kita datangi ini berkurang drastis. Nah, disekitar sini (menunjuk ke peta Kutub Utara). Selama musim dingin, beruang kutub mencari mangsa diatas es. Dia menyimpan lemak dan naik ke daratan selama musim panas, saat es mencair. Musim panas yang tak ada esnya, dia tidak mencari makanan... Tapi tahun-tahun terakhir ini... akibat pemanasan global, es menjadi tiga minggu lebih cepat mencair dibanding sebelumnya. Banyak beruang kutub yang kehilangan gunung es tempat mereka hidup. Nyawa mereka terancam karena kurang gizi akibat kekurangan makanan. Bahkan, ada yang mengatakan setengah abad lagi, beruang kutub akan punah... Nah, R.E.D pun kesana untuk mencagah supaya hal itu tak terjadi, tapi... para pemburu beruang kutub itu memang merepotkan... Beberapa waktu yang lalu, beruang putih ditemukan, tapi, malah dibunuh dengan sembarangan. Dan kadang suka muncul mobil atau helikopter entah darimana, lalu mereka melepaskan tembakan. Dor! Dor!
(Fujisaki Masato, dalam komik ciptaannya berjudul Wild Life volume 2)


Halo!
Ya, itu tadi sepenggal cerita dari salah satu komik favorit saya, Wild Life, karangan Fujisaki Masato. Komik yang bercerita tentang dokter hewan dan organisasi rumah sakit hewan bernama R.E.D itu merupakan bacaan yang menarik dan merupakan kategori komik wajib punya versi saya setelah conan, one piece, dan ufo baby. hehehe :p Mungkin udah banyak yang tau kalau Wild Life ini pertama kali keluar di majalah komik Shonen Star. Tapi, sekarang udah keluar versi komiknya lho. Baru dua jilid dan saya kesusahan nyari dua-duanya (sampe akhirnya dapet juga di gramedia Amplas. fiuh.)


Saya cuma ingin mempertegas disini bahwa nggak selamanya komik itu bacaan anak-anak. Dan nggak semuanya dari ribuan bahkan jutaan komik yang terbit itu "tidak berisi". Hei, komik juga mempunyai beragam fungsi. Mulai dari hiburan sampai sarana pembelajaran ;D

Dan masalah global warming yang dibahas komik ini, sudah menjadi fenomena umum yang terjadi dimanapun kita berada. Perhatikan sekitar deh. Ini bumi kita, tempat tinggal kita. Bumi menunjang keberlangsungan hidup kita dengan apa yang terkandung di dalamnya. Bumi terlalu baik karena rela mengorbankan isi perut dan apa yang tumbuh diatasnya untuk kita. Trus, kenapa kita nggak bisa sedikit aja mulai perubahan pola hidup untuk menyayangi bumi? Melestarikan bumi? menunjang kehidupan mahluk dua mahluk hidup lain selain manusia? Apa yang kita lakukan terhadap tumbuh-tumbuhan di sekitar kita? apa yang kita lakukan terhadap hewan yang hidup di lingkungan kita?

Dan selalu tidak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan :).
Perhatikan sekitar, dan semuanya bisa dimulai dari diri sendiri.


ps. gambar didapat dari sini

You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!