Transportasi Dari dan Ke Kota Sukabumi

15.7.16



Secara geografis Sukabumi terletak diantara Bandung, Bogor, dan Jakarta, tapi terlalu jauh untuk menjadi kota penyokong diantaranya. Mengingat letaknya yang lumayan dekat dengan ibu kota negara dan Ibu Kota Jawa Barat, harusnya transportasi bukan masalah yang benar-benar berarti di Sukabumi. Nyatanya? Meh.

25 tahun saya hidup di kota ini sedikit sekali perkembangan transportasi antar kota yang terjadi. Pengen rasanya nyodorin mik ke pejabat yang berwenang dan meneror dengan pertanyaan-pertanyaan nyelekit supaya beliau sadar kalau transportasi antar kotanya tidak banyak berkembang. Transportasi untuk ke objek-objek wisata ini juga nggak jelas juntrungnya, well, kecuali kalau kamu bawa kendaraan pribadi.

WELL, kalau sedang berada di Kota Sukabumi, jangan khawatir, angkot masih bisa diandalkan. Carinya juga gampang karena beda trayek, warna angkotnya juga berbeda. Dari pink, tosca, putih, hitam, merah, kuning, hijau, dan lain sebagainya. Kalau tujuannya agak menjorok ke dalam (baca: di perkampungan) bisa mengandalkan ojek. Bukan Gojek atau Grab Bike ya, tapi ojek konvensional. Nggak usah khawatir tarifnya, masih bisa ditolerir banget dibandingkan sama tarif ojek di Jakarta :')

Nah sekarang saya mau membahas transportasi dari dan ke Kota Sukabumi dari 4 kota besar diantaranya: Bogor, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.


Transportasi dari Bogor ke Kota Sukabumi.

1. Menggunakan Kereta Api Pangrango
Kereta api Pangrango hanya beroperasi 3 kali sehari baik yang berangkat dari Bogor ke Sukabumi maupun sebaliknya. Perjalanannya hanya ada kelas ekonomi dan eksekutif dengan harga masing-masing kelas Rp.20.000 dan Rp.50.000. Cukup terjangkau kan? Yang harus diingat, jika ingin menggunakan jasa Kereta Pangrango di akhir pekan, harus pesan tiket seminggu sebelumnya. Pesannya bisa melalui situs pembelian tiket seperti tiket.com dan traveloka, atau bisa juga melalui website resmi KAI.

Di Bogor, stasiunnya sendiri terletak di stasiun Paledang. Tidak jauh dari stasiun KRL Bogor, hanya tinggal menyebrang lewat JPO ke arah KFC. Dari KFC kira-kira jalan kaki 200 meter. Atau kalau yang butuh mapsnya bisa klik disini.

Kota Sukabumi merupakan pemberhentian terakhir dari rangkaian Kereta Api Pangrango, Perjalanannya kira-kira memakan waktu 2 hingga 3 jam, tergantung situasi. Sangat disarankan membawa buku bacaan untuk menikmati waktu, karena sinyal internet tidak begitu bagus selama di perjalanan (Telkomsel dan Indosat tidak begitu bagus, Modem SmartFren masih lumayan). Atau kalau niat (kayak saya), nonton film via gadget atau laptop saja sekalian. Jangan khawatir baterai habis karena sudah ada soket pengisian listrik (colokan) di tiap-tiap bangku di semua kelas kereta.

Stasiun Sukabumi terletak di daerah Gunung Parang, Cikole. Begitu sampai di stasiun, ada banyak angkot yang siap menanti anda. Ada angkot warna merah, hijau, pink, dan hitam, dengan jurusan yang berbeda. Tukang ojek pun banyak, tinggal pilih mau naik transportasi apa.

Jadwal kereta dari Bogor ke Sukabumi
Berangkat 08.05 - Tiba 10.09
Berangkat 13.40 - Tiba 15.43
Berangkat 19.05 - Tiba 21.09

Jadwal kereta dari Sukabumi ke Bogor
Berangkat 05.00 - Tiba 07.03
Berangkat 10.40 - Tiba 12.43
Berangkat 16.20 - Tiba 18.23


2. Menggunakan Colt Bogor (Kol Bogor)
Ini adalah transportasi terakhir yang saya pilih. Kalau saya pribadi lebih memilih pulangnya ditunda daripada naik Kol Bogor. Hahahaha.. Kenapa? Pertama, karena kendaraannya sudah tidak laayak. Busa tempat duduknya tepos, jadi kalau duduk njeblos ke dalam. Kalau lagi "beruntung", kadang malah ada yang tempat duduknya hanya triplek, dan tidak ada sandaran punggungnya. Selain itu biasanya penumpang Kol Bogor dipaksa duduk berhimpitan, bisa lebih dari 17 penumpang dalam sekali jalan. Gile gile gile...Kol Bogor juga tidak dilengkapi dengan fasilitas AC (ya iyalah), jadi bayangkan ikan pindang yang dihimpit, dijemur dibawah terik matahari. Uhlala! 

Tapi yang suka tantangan dan adrenaline junkie (?) boleh coba sekali-kali karena supir Kol Bogor bawa mobilnya nggak kenal lampu merah, alias "nggak pakai rem". Ntap pokoknya! Saya pernah perjalanan Sukabumi - Bogor hanya satu setengah jam saja. HAHAHA.

Di Bogor, Kol ini bisa ditemui di terminal, sebelah damri bandara di Botani Square, di depan Gramedia Pusat Bogor, dan di pintu keluar tol Jagorawi (Ciawi). Semetara di Sukabumi bisa ditemui di Lapang Merdeka, depan Bank BRI Pusat, depan Pizza Hut, dan di Perempatan Degung. Jam ngetemnya juga nggak pasti, tapi sejauh pengamatan sih maksimal setiap 30 menit pasti berangkat.

Kereta Pangrango baru resmi dioperasikan pada tahin 2013, maka sebelum itu ketika saya ada kepentingan ke Bogor atau Jakarta saya selalu mengandalkan Kol Bogor ini. Sudah khatam naik yang beginian :') Tarif kol bogor bervariasi, tergantung mood kenek dan supirnya. Serius ini.. Kadang 20, 25, bahkan 30 :))


3. Menggunakan Kendaraan Pribadi
Ini mah gampang. dari Ciawi tinggal mengikuti jalan besar saja menuju Kota Sukabumi. Tapi sabar ya, kondisi jalannya Naudzubillah macetnya. Belum lagi harus bersaing dengan truk-truk dari pabrik yang ada di Kabupaten Sukabumi. Ada pabrik Aqua, Yakult, Pocari Sweat, sepatu, baju, dan masih banyak yang lainnya. Tapi kalau berangkat jam 3 pagi atau subuh dijamin lancar. Apalagi sekarang proyek pengecoran jalan sudah hampir selesai, jadi tidak akan terlalu macet.


Transportasi dari Jakarta ke Kota Sukabumi.

1. Menggunakan Trans Travel
Pool Trans Travel terletak di Superindo pancoran, pas di perempatan lampu merah pancoran. Untuk menuju Superindo Pancoran bisa menggunakan GoJek atau Grab Bike. Ongkos travel sekali jalan Rp.80.000 (Rp.100.000 di musim libur seperti libur Lebaran, Natal, dan tahun baru). Masing-masing rute travel Jakarta - Sukabumi dan sebaliknya hanya jalan satu kali sehari. Lebih baik memesan jauh-jauh hari sebelumnya karena mobil operasionalnya hanya ada satu di tiap jam keberangkatan. Mobilnya nyaman, full ac, dan jarak lutut ke bangku depan lumayan luas. Waktu tempuh perjalanan 3-4 jam. Very reccomended! Oh ya, pool Trans Travel yang di Sukabumi terletak di Sukabumi Indah Plaza (Ex Giant) lantai 2.



2. Menggunakan Bus Parung Indah
Dulu, pool bus ini ada di Terminal Lebak Bulus. Tapi karena sekarang terminal Lebak Bulus di tutup, biasanya penumpang bus naik di sepanjang jalur Jakarta barat menuju tol Jagorawi seperti di Jalan TB Simatupang. Tarifnya Rp.30.000 sekali jalan. Saya hanya pernah beberapa kali naik bus ini karena rutenya kurang bersahabat dengan letak kantor dan kosan saya di Jakarta Selatan. Selain itu kadang penumpang sering nggak dapat tempat duduk. Jadi terpaksa berdiri walaupun biasanya hanya sampai keluar tol Ciawi. Kurang nyaman jadinya walaupun kondisi bus full AC. Waktu tempuh perjalanan 4-7 jam.

3. Menggunakan Kereta Pangrango Bogor-Sukabumi
Ini alternatif terbaik yang saya punya karena harganya murah meriah. Dari Jakarta tinggal naik KRL menuju Stasiun Bogor, lalu lanjut menggunakan Kereta Pangrango, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.



Transportasi dari Bandung ke Kota Sukabumi.

1. Menggunakan Bus
Alternatif terbaik. Ada banyak bus yang melayani rute Bandung - Sukabumi. Diantaranya MGI, Sangkuriang, dan Bela Utama. Tapi yang paling reccomended MGI (yang warna biru). Tarif bus sama-sama Rp.30.000. Semua bus berangkat dari Terminal Leuwi Panjang dengan jam keberangkatan rata-rata 1 jam sekali. Waktu tempuh perjalanan kira-kira 3-4 Jam (non tol).

2. Menggunakan Travel Siliwangi Trans
Pool travel ini terdapat di Baltos Bandung, sementara yang di Sukabumi di Jalan Siliwangi (sejajar dengan radio NBS). Keberangkatan travel ini ada tiap satu jam sekali, mulai dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam. Tarifnya Rp.70.000 sekali jalan dengan waktu perjalanan 3-4 jam (non tol).
CP:
Travel Bandung (022) 84468648 | Cianjur (0263) 2910770 | Sukabumi (0266) 235700 . Call center: 0812 12123140 / 0816 557255


Transportasi dari Yogyakarta ke Kota Sukabumi.

1. Menggunakan Bus Malam Rajawali
Selama kuliah di Jogja bus ini menjadi transportasi favorit saya (walaupun saya pernah kehilangan laptop disini *masih pedih*). Pool di Yogyakarta terletak di ruko Jalan Kyai Mojo (di sebelah kantor Sale Stock, seberang warung makan SS). Sementara pool-nya yang di Sukabumi terletak di Terminal Sukabumi. Saya tidak tahu berapa taris bus ini sekarang, dulu terakhir naik tahun 2013 tarifnya Rp.120.000, dan ketika saya ke Jogja di musim liburan tahun ini tarifnya Rp.180.000. Mungkin tarifnya dibawah itu di hari biasa. Walaupun termasuk dalam kategori bus malam, tapi kondisinya nyaman. AC juga dingin dan tidak menimbulkan mual-mual. Di dalam bus juga ada toilet sederhana. Bus hanya berangkat satu kali sehari. Waktu tempuh perjalanan 12-15 jam.
CP:
0274-6677446 / 087738925014

2. Menggunakan Kereta Api ke Bandung/ Jakarta
Naik kereta favorit dari Jogja dengan beragam pilihan perjalanan ke Bandung atau Jakarta, lalu lanjut dengan alternatif ke Sukabumi dari Bandung atau Jakarta yang sudah saya tulis diatas. Nggak praktis ya? Nah, kesel kan? Mungkin bisa sama-sama kita untut jawabannya ke Dinas Transportasi setempat. Huft.


Well. itu semua rangkuman pilihan perjalanan ke Sukabumi pilihan saya. Bagi ada yang tahu seputar info lain untuk ke Sukabumi, bisa bantu komen di kolom komentar di bawah ya! Pack your backpack and happy traveling! See you in Sukabumi! ;D

You Might Also Like

9 comment(s)

  1. Mantab, Selau terupdate terus blognya

    Kota Suka Bumi memang menjadi suatu kota yang memiliki keindahan tersendiri

    ReplyDelete
  2. mantaaap dh selalu update blognya !

    ReplyDelete
  3. keren bgt dh, selalu terkini postnya

    ReplyDelete
  4. Kok gak ditambahin naik becak Abah-nya Cemara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konon sekarang abah udah narik Bus Telolet :))

      Delete
  5. permisi mau nanyaa :))
    kalau udah nyampe di terminal Sukabumi nya ( dari bandung ) trus mau ke desa Gandasoli, kecamatan Cikakak, pake transportasi apa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru baca..
      Sepertinya kalau ke Cikakak lebih baik sewa mobil. Saya kurang tahu rute angkutan umumnya :)

      Delete
  6. Malam mba infonya oke banget, makasi ya.
    rencana selasa besok tanggal 30 agustus ada interview di bumr pangan, alamat kantornya di komplek ruko cisuda riverside jalan r. a. kosasih sukaraja, karena jadwal jam 8 pagi, rencana mau ke sukabumi naik krl lalu lanjut pangrango pada 29 agustus malamnya dan bermalam sehari. apakah di sekitar alamat tersebut ada penginapan harian? lalu transportasi ke alamat tersebut naik apa ya, apa aman kalo menggunakan ojek online di sukabumi? terima kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapan harian termasuk hotel atau on budget hotel (hostel)? Kalau hostel sepertinya nggak ada, kalau hotel ada banyak. Bisa dicari via Traveloka. Kalau transportasi ke arah sukaraja bisa naik angkot warna pinnk nomor 03. Ojek online masih aman kok.

      Delete

So, what do you think? Leave your comments below!