Adv | Tips Merencanakan Liburan dengan Mudah bersama AirAsia

11.11.16

Nggak kerasa tinggal dua bulan lagi menuju tahun 2017. Time flies soooooo fast! Gimana, list resolusinya sudah tercapai semua belum? :)) Well, selain mensinkronkan antara resolusi dan realisasi, bagi saya akhir tahun juga identik dengan bonus akhir tahun (hehe) dan liburan!  

Yup, semua orang pasti senang berlibur dan mengunjungi tempat-tempat baru, tapi ternyata nggak semua orang bisa merencanakan liburan dengan mudah, lho. Ada kalanya rasa malas merencanakan bepergian ke tempat wisata membuat kita malah gagal berangkat liburan. Apalagi kalau liburannya bareng dengan teman se-gank, keluarga besar, atau bareng anak kecil yang segala sesuatunya harus disiapkan dulu.

Ujung-ujungnya gagal berangkat, lagi! No way! Di zaman serba digital kayak sekarang udah banyak cara yang bisa dilakukan untuk merencanakan liburan dengan mudah. Salah satunya dengan membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelum waktu keberangkatan agar tidak kehabisan. Pssst, biasanya nih, harga tiket pewasat juga lebih miring kalau kita beli jauh-jauh hari! Jangan lupa juga perhatikan maskapai yang akan digunakan. Rekomendasi saya, coba cek tiket pesawat dari makapai AirAsia di Traveloka.com. Kenapa AirAsia? Jelas, bro dan sis, promo-promo AirAsia selalu ramah di kantong yang artinya akan menekan biaya perjalanan kalian. For your information, perjalanan ke Jepang (a.k.a Japan Stories) saya dan teman-teman kemarin juga menggunakan maskapai AirAsia pergi dan pulang. Harganya ramah di dompet! Kekekeke~ :D

Tapi, selain mempersiapkan tiket pesawat, jangan lupa juga perhatikan beberapa hal berikut agar liburan kalian lebih menyenangkan:


Tentukan Waktu Keberangkatan

Pekerja kantoran pasti paling getol lihat kalender dan nge-tag tanggal merah yang mepet sama harpitnas (hari kejepit nasional :p). Yup, dengan trik seperti ini, waktu liburan kita pasti lebih lama dengan jumlah cuti yang lebih sedikit. Nice! Nah, nggak cuma pegawai kantoran aja nih, untuk yang sudah berkeluarga dan punya anak yang sudah sekolah juga bisa mempraktekan trik ini. Tapi, paling enak sih liburannya saat libur sekolah karena waktunya pasti lebih lama. Jangan lupa juga untuk cuti jauh-jauh hari biar di-approve sama atasan. Hehehe..

Tapiiii kalau waktu liburannya singkat, nggak perlu lah jauh-jauh ke luar negeri. Kalau kamu domisilinya di Jakarta, beberapa kota seperti Solo, Bali, atau Yogyakarta bisa dipilih sebagai referensi liburan. Selain relatif dekat, waktu tempuh perjalanan pun bisa dipangkas dengan naik pesawat. Kalau gini sih, libur 3 hari juga sudah dapat liburan yang berkualitas! :)

Yogyakarta misalnya, kota gudeg ini merupakan destinasi wisata yang punya banyak tempat menarik. Keramah-tamahan penduduknya, keindahan alam, hingga tempat wisatanya sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satunya, Kebun Binatang Gembira Loka yang punya koleksi binatang dari berbagai negara di dunia. Nggak hanya itu, ada juga wahana-wahana bermain untuk anak-anak, seperti permainan menangkap ikan, perahu kayuh, menunggang gajah, dan menunggang onta. Seru abis!

Sumber foto: wisataterbaru.com


Pilih Tempat Wisata

Pilih tempat wisata yang dapat memenuhi keinginan kamu dan teman-teman, atau keinginan anggota keluarga kamu. Apalagi kalau bawa anak kecil. Pastikan tempat wisatanya ramah anak, yang artinya, tempat wisata itu punya beragam fasilitas bermain untuk anak-anak. Nah, kalau ke Surabaya, bisa coba mampir ke Ciputra Waterpark Surabaya. 

Ciputra Waterpark Surabaya ini adalah wahana bermain air yang tempatnya sangat luas dan punya permainan air yang lengkap seperti: Roc Tower, Sirens River, Marina Lagoon, Syracuse Beach, Sinbad Playground, dan Chimera Pool. Tahu sendiri kan, kalau anak-anak paling senang main air. Nah, Ciputra Waterpark Surabaya ini pasti akan jadi tempat yang pas.

Kenapa? Well, wahana air di Ciputra Waterpark Surabaya merupakan wahana terbesar di Asia Tenggara! Inspirasi pembuatannya dari Petualangan Sinbad, tokoh dongeng 1001 malam yang terkenal di Arab itu. Nah, anak-anak akan diajak bermain air seperti Sinbad yang berpetualang di lautan. Seru abis!! Kenapa nggak dari dulu ada tempat kayak gini sih? :'( (curhat). Eh jangan lupa, tempat ini buka dari hari Selasa sampai Jumat, jam 14.00 sampai 19.00. Tapi kalau di hari libur, buka dari jam 08.00-20.00. 

Sumber foto: travel.detik.com


Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Sebelum mendatangi tempat wisata, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat wisata tersebut, alias RISET. Tanya teman, saudara, atau kerabat yang pernah liburan atau tinggal di kota atau negara tujuan destinasi wisata kamu. Jangan lupa juga buat rajin googling. Tips dari saya nih, banyak-banyak baca tulisan perjalanan dari para travel blogger. It helps! :)

Kenapa sih mesti repot-repot baca tulisan travel blogger? Well, biasanya tulisan travel bloger itu orisinal dan dapat dipercaya kebenarannya. Salain itu. biasanya mereka juga menyertakan informasi mengenai rute perjalanan, biaya yang dibutuhkan, hingga fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut.


Siapkan Dana Berlibur

Ini merupakan poin terpenting dalam merencanakan liburan. Menurut saya, dana berlibur itu harus dipersiapkan matang-matang, entah kalian akan melakukan traveling dengan gaya apapun (backpacker, liburan bersama keluarga, liburan "cantik" bersama teman), tetap dananya harus ada, kan? Menabunglah jauh-jauh hari, sesuaikan dengan keinginan destinasi wisata kamu. Apalagi kalau kamu ingin liburan ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. Eh, by the way, buat penggemar lego, di Malaysia ada Lego Land, lho! Ini mungkin bisa juga menjadi salah datu referensi kamu untuk berlibur. 

Utamanya bagi kamu yang libutan bareng anak kecil. Tahu sendiri kan kalau tokoh kartun Lego sedang jadi idola di kalangan anak-anak? Nah, di Lego Land, anak-anak bisa melihat istana Lego dan bermain Lego sepuasnya. Tempat wisata yang diresmikan tahun 2012 ini memiliki 2 bagian utama: Theme Park dan Water Park. Selain itu, ada baaaaaanyaaaaak bangunan mini yang terbuat dari Lego di Mini Land. Pengunjung pun akan dibuat betah karena disini kita bisa merakit lego sendiri! :D

Sumber foto: legoland.com

Ngomong-ngomong, ketika liburan kamu bisa saja berhemat untuk tiket pesawat dan penginapan. Tapi jangan lupa ada biaya-biaya lain yang harus dialokasikan seperti biaya transportasi selama di kota atau negara destinasi kamu, hingga biaya untuk membeli oleh-oleh. So, keep your holiday on budget! ;)


Siapkan Barang-barang yang akan Dibawa

Kayaknya semua orang paling males kalau disuruh packing, deh. Barang apa aja yang mesti dibawa? Cukup nggak ya baju yang dibawa? Duh pake sepatu ini apa itu ya? Pusiiiing! Apalagi kalau liburan dengan anak kecil. Koper dan tasnya mau sebanyak apa? :') Nah, hal ini juga perlu diperhatikan, apalagi kalau pergi naik pesawat karena ada batas maksimal bagasi yang dibebankan. Jadi pertimbangkan matang-matang barang apa saja yang mau dibawa.

Untuk baju misalnya, sesuaikan baju yang ingin dibawa dengan tempat tujuan liburan. Kalau lokasi liburan kita udaranya dingin, jangan lupa bawa beberapa jaket atau baju tebal. Sebaliknya, kalau tempat tujuan liburan kita panas, pilihlah baju santai yang tidak terlalu tebal. Jangan lupa juga hanya bawa peralatan mandi sesuai kebutuhan. Lain cerita kalau menginap di hotel karena alat mandi pasti sudah disediakan. Jadi nggak usah report bawa-bawa lagi. Hehehe..

Oh ya, jangan lupa bawa obat-obatan apalagi buat kamu yang punya penyakit tertentu. Selalu pastikan lagi juga sebelum berangkat apakah semua barang yang kamu butuhkan selama liburan (termasuk obat) sudah aman berada dalam koper atau tas kamu. Nah, jika barang yang dibutuhkan ini sudah disiapkan semua, kamu ngga perlu khawatir lagi gara-gara ada barang yang ketinggalan.

Nah, tunggu apa lagi, segera tentukan destinasi dan beli tiket perjalanannya! Selamat berlibur!! ;D


You Might Also Like

6 comment(s)

  1. Kaka diaz mau tanya dong. Baiknya cek tiket Air asia itu berapa bulan sebelum keberangkatan ya? Soalnya kalau nunggu maskapainya keluarin promo, gak jelas kapan waktunya. Saya mau liburan kemluar negeri tapi gak ngerti trik dapetin tiket murmernya. Hehe makasih yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee mau jalan-jalan..
      Coba cek dari 2 bulan sebelumnya kak :)

      Delete
  2. Oia tulisan RISET nya sampe di-bold gitu. Pengalaman banget sama kataw itu sepertinya.hehe

    ReplyDelete
  3. Lho, hasil liburan ke malang kok blm disebut2. Smg di next posting ada liputannya 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. pengennya sih gitu tapi kemarin nggak banyak foto-foto :D

      Delete

So, what do you think? Leave your comments below!