Menjadi Volunteer di Kelas Inspirasi Sukabumi 2017

7.2.17


Istilah volunteer atau relawan sudah lama saya dengar, tapi baru benar-benar saya ikuti di tahun 2015. Saat itu saya tergabung menjadi relawan inspirator di Kelas Inspirasi Jakarta. Alasannya waktu itu sangat sederhana: saya ingin mencari kegiatan lain di luar pekerjaan kantor. Rutinitas membuat diri saya penat, dan saya merasa hidup kok gitu-gitu aja. Bangun tidur, kerja, makan siang, kerja, pulang, tidur. Gitu terus. Hiburan saya waktu itu cuma nonton film dan kumpul sama temen-temen. Tapi makin kesini kok makin hambar, rasanya ada yang hilang, ada yang kurang. Saya lalu membulatkan tekad dan daftar Kelas Inspirasi Jakarta.

Ternyata benar, ketemu banyak orang baru dengan spirit dan semangat yang sama, berbagi cerita, dan bekerja secara ikhlas seolah membri nutrisi pada jiwa saya yang kerig kerontang. Pikiran fresh lagi! Tapi yang wajib diingat, komitmen harus jadi mindset utama. Kalau sudah ada komitmen, pasti ada rasa tanggungjawab yang timbul. Disitulah skill komunikasi saya diasah. Selain itu, saya juga ditantang untuk mengkonsep sesuatu yang sebelumnya nggak pernah terpikirkan. Disitulah saya ketagihan.

Akhir 2016 saya kembali memutuskan bergabung di Kelas Inspirasi, tapi kali ini di kota empat saya tingal, Sukabumi. Tidak seperti tahun lalu dimana saya menjadi inspirator, kini saya tergabung di kepanitiaan divisi pubdekdok. Tapi ketika hari H, ada beberapa relawan fotografer yang berhalangan hadir, dan akhrinya saya diminta menggantikan. Senang sekali!

Saya kebagian di SDN Kibodas, Ciaul, Sukabumi. Letaknya nggak jauh dari pom bensin Ciaul dan dari SMA saya dulu. Hehehe.. Pagi-pagi hujan rintik tapi kami semua tetap semangat untuk datang. Inspiratornya datang dari berbagai daerah, nggak hanya warga Sukabumi aja. Ada yang dari Jakarta, Serang, Bandung... Banyak! Dan yang serunya lagi, kebanyakan inspiratornya sudah sering ikut Kelas Inspirasi di beberapa kota. Bahkan nggak hanya di Kelas Inspirasi saja, tapi di kegiatan volunteer pendidikan lainnya! Salut! Ini sekaligus pecutan buat saya unuk terus aktif jadi volunteer! :)


















 





Oh ya, untuk yang belum tahu apa itu Kelas Inspirasi, Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Volnteernya biasanya dibagi menjadi; inspirator, photographer, videographer, dan fasilitator. Seru kan? Yuk luangkan waku dan bergabung jadi bagian dari Kelas Inspirasi. Dijamin nggak nyesel! ;)


You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!