Mencari Kineruku | Motsach #3

20.7.17


Motsach #3: Kineruku

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan short gateway ke Bandung, sendirian banget dalam rangka mencari jati diri kekekeke. Perjalanan saya lakukan menggunakan kereta dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung pulang-pergi. Berangkat pukul 05.05, pulang pukul 19.45. Ini pertamakalinya saya pergi ke Bandung menggunakan kereta dan pertamakalinya juga mencoba kereta baru Argo Parahyangan. Dengan tarif Rp.80.000 sekali perjalanan untuk kelas ekonomi, komentar saya cuma satu sih: WOW. Saya kira tempat duduknya akan berhadap-hadapan (karena kelas ekonomi) tapi nggak! tempat duduknya satu arah, dengan dua arah berbeda di tengahnya (?) Gitulah gengs pokoknya :)) Di tiap tempat duduk juga ada colokan yang berfungsi selama perjalanan. Ntap!

Sesampainya di Bandung, sekitar jam setengah 10 setelah sarapan bubur blora (yang bersejarah itu) saya langsung memesan gojek menuju salah satu destinasi utama: Kineruku. Saya sudah tahu lumayan lama tentang tempat ini dari instagram, dan selaaaaaalu penasaran tingkat dewa tentang tempat ini tiap mereka posting foto-foto. Maka Kineruku langsung jadi destinasi pertama saya. Nggak sulit sebenarnya cari lokasi ini. Kalau kalian bawa kendaraan, tinggal buka gmaps dan masukan "kineruku". Tapi kalau kalian gojekers seperti saya, tinggal search juga di mapsnya "kineruku" dan langsung keluar deh alamatnya! 7 ribu rupiah sahajaaa~~ *bahagia* Daaan 10 menit kemudian saya pun mendarat cantik di Kineruku.





Sesampainya di TKP, saya takjub dengan jumlah koleksi bukunya. Banyak banget! Toko buku / perpustakaan / cafe / ini menyediakan beragam jenis buku. Mulai dari novel, sastra, politik, psikologi, desain, you name it. Pengunjung yang datang bisa baca buku-buku koleksi perpustakaan secara gratis di tempat yang tersedia. Mau di ruang baca atau di cafe, bebas! Tapu hati hati ya kalau baca buku sambil makan, jangan sampai mengotori bukunya (#protektif). Oh ya, buku-buku yang dijual disini juga terkurasi dengan baik. Selain buku dari penerbit populer, buku-buku penerbit indie seperti Post dan Mojok juga ada. Buat yang pengen memperluas jenis bacaan, saya sarankan banget datang dan baca buku disini. 

Selain buku, Kineruku juga menjual berbagai CD dan kaset yang masih tersegel (baru). Di salah satu sudut ruangan juga tersedia tempat menonton film tapi waktu saya kesana tempatnya ditutup karena masih dalam proses renovasi. Fasilitas lain seperti toilet dan musholla juga tersedia. Nyaman pisan ya ampun.. Sok atuh Teteh-teteh Aa-aa Bandung dimaksimalin fasilitas seperti ini. Apalagi warga ber-KTP Bandung mah bisa daftar jadi anggota dan merental buku, film, dan CD yang tersedia. Sayang KTP saya Sukabumi jadi gak bisa daftar jadi anggota (ya kali jauh banget bu). Baiklah kalau saya nggak bisa daftar jadi anggota, saya bikin tempat yang kayak gini aja di Sukabumi #ChallangeAccapted (apa sih -_-)







Suasana yang cozy membuat saya betah berlama-lama disini. Sempat ngobrol sebentar juga sama ownernya, dan ternyata semua koleksi perpustakaan (4000 buku, 1000 cd dan 1000 film) itu milik ownernya sendiri! FYI, Kieneruku juga sudah buka dari tahun 2003. Why oh why saya nggak tahu tempat ini lebih awal :(

Spot favorit saya disini: semuanya! Hehehe, menurut saya sih tempat yang ada rak buku itu selalu seksih gitu, nggak tau kenapa. Tapi area cafe di Kineruku yang menjorok ke taman juga super cozy. Bikin mata seger! Saya pun memesan pancake pisang dan turkish coffee (makan lagi ya Allah) dan menikmati hidup suasana. Sayang foto makanannya crash dan nggak bisa dibuka. Tapi beneran deh enak banget pancake dan kopinya! Bagi saya tempat ini tuh one stop shopping-nya pecinta buku. Bisa baca buku, beli buku, dengar musik, nonton film, dan makan di satu tempat! Cobaaaa di deket kostan saya ada tempat kayak gini :')







Sekitar jam setengah 12 saya pun beranjak ke destinasi selanjutnya dan berat hati sekali rasanya meninggalkan tempat ini! Saya pasti akan balik ke Kineruku, for sure! Yuk!



Kineruku
Jl. Hegarmanah 52, Bandung, 40141, Indonesia
Telepon: +62 22 2039615 /  +62 878 2428 1152
Email: kineruku@gmail.com
Open Hours:
10 AM - 8 PM (Mon, Wed, Thu, Fri, Sat)
11 AM - 6 PM (Sun)
CLOSED on Tuesday

You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!