4 Jengkal Menuju Sehat Bersama Soyjoy

28.4.18


Ngomongin gaya hidup sehat mungkin untuk beberapa orang kedengrannya basi. Tapi nggak dipungkiri lagi kalau gaya hidup sehat sekarang ini bukan lagi sekedar "gaya", melainkan sebuah kebutuhan. Karena believe it or not, sekarang banyak sekali penyakit yang timbul karena kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya: obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi. Riset juga membuktikan kalau peningkatan penyakit diabetes tipe 2 terjadi sangat drastis di Indonesia. 

Bayangin aja di tahun 2011 Indonesia masuk urutan ke-10 sebagai negara dengan pengidap diabetes tertinggi. Sementara di tahun 2017, IDF Diabetes Atlas mencatat Indonesia berada di peringkat ke-6 dengan jumlah pengidap diabetes terbanyak di dunia!

Belum lagi beberapa fakta tentang diabetes lainnya yang terjadi di Indonesia seperti:
  • 1 dari 50 dewasa muda (24-25 tahun) mengidap diabetes.
  • 1 dari 10 orang Indonesia Pra-Diabetes.
  • 4 dari 6 orang Indonesia tidak sadar terkena diabetes.
  • Pra-Diabetes dapat berubah menjadi diabetes dalam 4-5 tahun jika tidak mengubah pola hidup. (Sumber: ahli gizi Seala Septiani, M.Gizi)
Serem ya, karena penyakit yang bisa berakibat ke organ tubuh ini pemicunya bisa datang dari kebiasaan diri kita seperti kelebihan berat badan, kurang olahraga, pernah tinggi kolesterol, dan punya riwayat tekanan darah tinggi.

Kenapa sih saya sampai se-concern ini? Well, saya dan keluarga sangat aware dengan penyakit yang satu ini. Walau berat, tapi pola hidup sehat yang sangat sederhana selalu saya lakukan dari kecil yaitu membatasi konsumsi gula. Karena sebenarnya, gula yang dibutuhkan tubuh itu bisa didapatkan dari makanan yang kita makan sehari-hari tanpa butuh asupan gula tambahan. Penelitian juga mencatat batas gula tambahan yang bisa dikonsumsi masyarakat Indonesia hanya 4 sendok saja perharinya. Hayo, sudah habis berapa sendok gula yang dikonsumsi hari ini?

Untuk mengetes apakah kadar gula dalam tubuh kita tinggi atau tidak, cara paling cepat adalah dengan tes darah atau melakukan tes BMI (Body Mass Index) untuk menentukan status berat badan terhadap resiko masalah kesehatan. Tapi, ada juga nih cara simpel yaitu dengan mengukur lingkar badan. Caranya, letakan jempol kanan dan kiri kamu di perut bagian pusar lalu ukur lingkar perut ke belakang dengan skala jengkal. Jika lingkar perut kamu kurang dari 4 jengkal, maka masih tergolong aman dari obesitas dan penyakit diabetes. Tapi kalau melebihi 4 jengkal kita harus berhati-hati dalam memilih pola makan karena cenderung mengarah ke obesitas. Hasil lingkar pinggang saya? Jelas lebih dari 4 jengkal! Hahaha, apalagi sekarang lagi hamil 6 bulan (ngeles). Tapi alhamdulillah sih sampai sekarang kadar gula dalam darah saya masih di ambang batas normal. Hehehe...


Tes BMI
Brand Communication Executive Soyjoy, Vania Ratnasari Fauzia mengajari salah satu peserta mengukur lingkar pinggang 4 jengkal.
Salah satu cara menjaga berat badan supaya tidak berlebih adalah dengan membatasi asupan terhadap karbohidrat. Kedengarannya susah ya? Tapi tenang karena ada triknya. Untuk makan misalnya, biasakan makan dengan porsi yang sedikit tapi banyak. Sehari 5 kali tidak apa-apa asalkan menggunakan metode yang tepat dan mengetahui jumlah kebutuhan karbohidrat sehari-hari dengan rincian:
  • Berat badan normal: butuh 250-300gr karbohidrat per hari.
  • Berat badan berlebih: butuh 150-180gr karbohidrat per hari
  • Pengidap diabetes: butuh 100-150gr karbohidrat per hari.
Masalahnya, kalau mau snacking gimana? Ya boleh-boleh saja, asalkan tahu gimana carana management snacking yang tepat.

Yup, kalian nggak salah baca karena memang ada yang namanya managemen snacking! Cara gampilnya adalah dengan mencari makanan pendamping yang kaya akan nutrisi, protein, dan kalau bisa camilan yang tinggi serat atau super food.



Mejeng sama camilan favorit!
Siapa sih yang nggak kenal soyjoy? Camilan sehat ini bisa lho kita konsumsi sebagai camilan sehat karena memang Soyjoy dibuat dari bahan dasar kedelai (protein) yang kaya serat dan protein sehingga akan dicerna oleh tubuh secara perlahan dan menimbulkan sensasi kenyang lebih lama. Serasa hidup enak makin enak lagi karena camilan ini gampang banget ditemui di supermarket terdekat. Hehehe... Yuk bareng saya untuk terus melakukan gaya hidup sehat! ^_^


You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!