Bus Patas dan Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu

26.4.18

sumber foto: aquanautico.com

Sebagai sarana transportasi yang paling sering ditemui, siapa sih yang nggak tahu bus? Beragam tipe bus kerap kita jumpai di jalan raya, mulai dari bus berukuran mini hingga bus tingkat yang berukuran besar. Klasifikasi kelas bus juga beragam, mulai dari bus ekonomi AC dan non AC, patas, dan lain sebagainya. Karena inilah bus dipandang sebagai sarana transportasi alternatif yang praktis dan dapat menjangkau masyarakat luas. Nah disini saya akan sedikit membahas tentang apa itu bus patas.

Apa Itu Bus Patas?

Dari namanya, patas adalah akronim dari cepat dan terbatas. Artinya, bus ini memiliki tingkat waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat daripada bus biasa, atau bus ekonomi, dengan kursi yang jumlahnya terbatas. Eits jangan salah, walaupun kecepatannya lebih tinggi namun bukan berarti bus patas dikemudikan dengan ugal-ugalan, namun karena tidak menaikan dan menurunkan penumpang di sepanjang perjalanan. Jadi selama rute, bus hanya sesekali menurunkan penumpang di titik terntu yang jumlahnya tidak banyak, dan nggak ngetem!. Sebagai penumpang kadang risih juga, kan, kalau bus banyak berhenti terlalu sering dan ngetem dengan waktu yang nggak bisa diprediksi? Hehehe...

Sumber: flicke.com
Perbedaan Bus Patas dan Bus Ekonomi.

Dengan harga tiket bus yang sedikit lebih mahal, ada beberapa kelebihan yang dimiliki bus patas. Selain perjalanan yang relatif lebih singkat, kursi atau tempat duduk yang tersedia juga lebih nyaman dengan porsi kursi dua-dua dan jarak antar kaki dan senderan kursi yang lebih luas.

Buat yang khawatir kegerahan selama perjalanan juga tenang aja, karena bus jenis ini juga dilengkapi dengan AC. Selain itu dengan usia armada bus yang lebih baru dan lebih bagus daripada bus kelas ekonomi, penumpang juga dijamin lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Patas Ada yang Nggak AC?

Nah, yang harus kamu tahu juga nih, nggak semua bus patas dilengkapi dengan AC. Jadi sebelum membeli tiket, pastikan dulu ke agen bus, atau cek jangan lupa cek detail dan spesifikasi busnya kalau kamu membeli tiket di Traveloka.


Ke Mana Saja Tujuan Bus Patas?

Sumber: travelladju.blogspot.com

Bus Patas biasanya melayani trayek antar kota atau antar provinsi melalui berbagai jalur namun jumlah busnya lebih sedikit daripada yang kelas ekonomi. Jam operasionalnya juga biasanya lebih panjang dari bus ekonomi. Untuk mengecek jadwal keberangkatan, bisa langsung di cek via website resmi perusahaan bus tersebut.

Beli Tiket Bus Patas di Traveloka Saja.

As you know, Traveloka sebagai salah satu platform penyedia jasa tiket sekarang juga menyediakan berbagai macam tiket bus termasuk bus patas langganan kamu. Caranya juga gampang banget, cukup satu klik melalui aplikasi Traveloka dan dijamin nggak bakalan ribet karena metode pembayarannya pun beragam. Karena ketika kamu harus pergi ke suatu wilayah di luar kota secara mendadak, bus patas bisa jadi andalan kamu. Langsung beli kapan aja dan dimana saja dengan Traveloka!

You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!