Puas Seharian di Jatim Park 3 (Dino Park) Batu - Malang!

25.5.18


Setelah pindah ke Malang, banyak teman-teman saya yang minta untuk ditemani ketika mereka wisata ke Malang nanti. Oh siyaapp!!   Emang sih, nggak dipungkiri kalau potensi wisata Malang, Batu, dan sekitarnya lagi in banget. Apalagi semenjak happening dengan Jatim Park 1, 2, Batu Night Spektakuler, Museum Angkut, dan Taman Safari, Malang seperti nggak kehilangan pesonanya! Belum lagi udaranya yang relatif sejuk pasti bikin traveler betah berlama-lama menjelajah disini. 

Nggak cuma wisata kekinian, wisata alam lainnya seperti petik apel, Gunung Bromo, dan beberapa pantai-pantai indah di sekitaran Malang juga tersedia untuk di eksplor! Yang paling bikin excited nih, proyek pembangunan jalan tol Pandaan-Malang juga sekarang sedang ngebut-ngebutnya digarap dan diproyeksi untuk bisa beroperasi di akhir tahun 2018 ini! Kewl, pecinta tiket pesawat murmer (kek saya) bisa lebih ena karena biasanya tarif naik pesawat ke Surabaya lebih murah daripada terbang direct ke Malang. Jadi biasanya kalau dari Jakarta saya pesannya pesawat ke Surabaya dulu baru cus jalan darat ke Malang. Wkwk mak-mak perhitungan banget!


Anyway, seiring dengan berkembangnya objek wisata Malang, pas saya baru pindah kemarin ada satu tempat wisata baru yang menarik perhatian: Jatim Park 3! Udah kek season sinetron-sinetron aja ya, Jatim Park sekarang sampe 3! Wkwkwk.. 

Bedanya apa sih dengan Jatim Park yang lain? Nah, Jatim Park 3 ini punya tema tersendiri yaitu dinosaurus. Makanya kalau googling Jatim Park 3 pasti keluarnya yang berbau dinosaurus karena nama officialnya aja Jatim Park 3 (Dino Park). Jadi mulai sekarang sepakat kita pakai nama Dino Park aja ya~

Saya, mamake dan adik pun cus berangkat menuju Dino Park dengan panduan google maps. Gimpils bingits, tinggal googling, set directions, nyampe deh! #AntiNyasarNyasarClub hehehehe.. Kami parkir di depan Dino Mall. Nah jadi dengan luas kurang lebih 5 hektar, Dino Park ini dibagi menjadi dua bagian (menurut laporan pandangan mata (EAA berasa live report)). Yang pertama bagian mall, dan yang kedua bagian Dino Park.

Bagian mall alias Dino Mall ya kayak layaknya mall-mall biasa. Disini nggak ada tarif masuknya, jadi semuanya bisa masuk, nongkrong, dan foto-foto gratis! Walaupun mall-nya nggak gede-gede amat, tapi cukup lengkap kalau mau shopping baju, makan, atau nongkrong. Nah, di Dino Mall ini juga terdapat beberapa atraksi berbasis teknologi yang bisa dijelajahi. Ada yang gratis, ada yang bayar. Rata-rata satu atraksi bayarnya 20 sampai 40 ribu rupiah. Waktu itu tujuan saya di Dino Mall untuk foto-foto di lukisan 3D yang tersebar di koridor-koridornya (gratis) dan ke atraksi Ruang Tanpa Batas untuk putu-putu (tarifnya Rp,35.000).

Sebenarnya ada banyak atraksi yang bisa di eksplor di Dino Mall seperti atraksi game interaktif, wahana 8 Dimensi, area sirkus, banyak deh! Tapi saya milih masuk ke atraksi Ruang Tanpa Batas karena kelihatannya seru buat foto-foto. Hehehe.. Ada 14 ruang yang dimodifikasi dengan lampu dan tema berbeda-beda per ruangannya. Karena lokasinya indor (iyalah kan di dalam mall), jadi nggak gerah karena full ac! Pengunjung yang masuk ke atraksi ini pun wajib untuk menggunakan penutup sepatu dan menitipkan semua barang bawaannya (kecuali kamera dan hape, kan mau putu-putu) di loker yang tersedia. Super nyaman! Nggak perlu rempong deh karena kebanyakan bawaan (hehehe). Oh ya berhubung pas kami sampai disini pas lagi sepi-sepinya, saya sempet tanya tuh ke mas-mas petugasnya kalau lagi rame disini gimana. Katanya pengunjung akan dibatasi demi kenyamanan (foto-foto) bersama jadi diberlakukan sistem antri. Keyeeeen… makin eksklusip deh foto-fotonya! Hihihi, jangan lupa, pagi ya kalau mau datang kesini biar nggak kena antri!



Loker demi boyok yang HQQ!




PUAS BANGET foto-foto, kami lalu melanjutkan perjalanan ke Dino Park. Letaknya deket banget, tinggal jalan kaki 10 meter dari atraksi Ruang Tanpa Batas. Beruntungnya pas kami kesana sedang ada diskon tiket. Dari yang harga normalnya Rp.100.000 per orang, kami dapat hanya Rp.75.000 per orang! Rejeki anak soleh~ wkwk.

Di Dino Park, ada berbagai macam atraksi yang bisa dijelajah tanpa harus bayar lagi! Jadi semuanya sudah termasuk di tiket yang Rp.75.000 itu. Atraksinya diantaranya: Museum Dino, Jelajah 5 Zaman, Jembatan Akar, The Rimba, Ice Age, Life with Dino/ Kampung Arab, Area outbond anak, dan food court. Siap-siap nih harus pakai sepatu yang nyaman karena semuanya serba jalan kaki! 

Trus awalnya saya agak apatis sih, duh, ngapain sih di museum pasti gini-gini aja. EH TAPI TERNYATA begitu masuk Dino Park, pengunjung langsung disuruh antri untuk naik semacam kereta mini keliling diorama 5 zaman dinosaurus gitu! KEREN PARAH sih, pas banget kalau mau ajak anak-anak kesini, apalagi yang suka bat sama dinosaurus kayak Daehan, Minguk, Manse (kalau ini saya ajak bapaknya triplet aja~ Kyaaaa~~~).

Oh ya, saya juga sempet takut tepar lagi kayak di Kota Mini Bandung kemarin karena pas kesini lagi hamil 6 bulan. Tapi alhamdulillah nggak sih! Kalau capek ya duduk dulu (ada lumayan banyak tempat duduk), trus lanjut jalan lagi. Pas menjelajah area Dino Park juga sekitar jam 3 sore, jadi cuaca udah mulai adem dan matahari nggak begitu menyengat. Walaupun trek jalannya naik turun, tapi bener-bener nggak kerasa karena banyak spot-spot seru untuk berhenti sejenak, entah itu duduk atau foto!


BY THE WAY, diantara banyaknya atraksi disini, yang paling saya suka adalah Dino Action: Naga Cloning. Ya jangan harap bisa ketemu Drogon, Rhaegal, dan Viserion disini, kalau itu juga ogut mau apalagi bonus ketemu Khaleesi & Khal Drogo  Oke, kembali fokus. Jadi atraksi Naga Cloning ini mirip kayak niagara di Dufan. GOKS kan! Pengen banget naik tapi peraturan nomer satu disini bumil dilarang naik. Gimana dong, yowes aku kudu ikhlas~ 

Tiket sudah di tangan!
Ngantrinya bisa duduk, ku senang! 

Naik kereta-keretaan sambil dengerin penjelasan 5 zaman dinosaurus.






Hari sudah sore ketika kami memutuskan untuk pulang. Seharian menjelajah Dino Park sungguh nggak ngerasa bosan! Setelah beli oleh-oleh tempelan kulkas, kami pun bergegas pulang dengan sebelumnya mampir ke SS terdekat (SS AKU PADAMU! ) untuk makan malam. Sure, Dino Park is a highly recommended place for you and your family to spend a day in Batu-Malang! 


Jatim Park 3 - Dino Park
Jl. Kartika No.2
Kota Wisata Batu
Jawa Timur
Indonesia, 65314
Telepon: (+62) 341 597777
Opening Hours: 08.30-16.30 WIB




You Might Also Like

4 comment(s)

  1. serunyaaaa!!!!! mauk kesanaa bareng krucil krucil <3

    ReplyDelete
  2. Wahhh skrg udh ada Jatim Park 3!!! Yaampun mesti kesana, hits bgt mbak foto2nya sumpahh..

    ReplyDelete

So, what do you think? Leave your comments below!