#BPN30DAYCHALLENGE2018 DAY 7 - 5 Tempat Makan Favorit di Sukabumi

26.11.18



Mencari tempat makan nggak melulu soal harga dan tren. Menurut saya sih tetap rasa nomor satu. Mau kaki lima kek, restoran kek, asalkan makannya enak pasti saya jabanin. Karena saya besar dan sedang tinggal di Sukabumi, banyak teman-teman yang ketika ke Sukabumi pasti nanya, makan yang enak dimana ya? Ada rekomendasi kuliner sukabumi nggak? 

Well, sebenarnya kuliner di Sukabumi itu sudah banyaaak banget lho! Cari apa aja ada, seriusan! Pokoknya berkembang pesat lah dalam 5 tahun terakhir ini. Walaupun saya termasuk orang yang kurang gaul, tapi saya nggak mau ketinggalan dong coba berbagai macam kuliner yang sedang menjamur. Coba ini-itu-ini-itu tapi ternyata nggak semua rasanya cocok di lidah. Makanya, berikut saya rangkum menjadi 5 tempat makan asik (dan rekomensdasi) di sukabumi versi Diaz! ;)

1. Bubur Pengkolan & Bubur Odeon
Sukabumi memang terkenal akan kuliner buburnya. Beda dengan bubur Jakarta, bubur Sukabumi teksturnya lebih padat, tanpa kuah kari, dan dimakan bersama dengan kudapan lain seperti berbagai macam sate, karoket, dan paes. Nah diantara semua bubur-bubur yang bertebaran, menurut saya 2 bubur ini yang paling nampol.

Bubur Pengkolan
Yang pertama Bubur Pengkolan. Kenapa namanya Bubur Pengkolan? Karena letaknya di pengkolan, saudara-saudara (antiklimaks banget wkwk). Untuk dateng kesini gampang banget, tinggal googling aja alamat SMP 9 Kota Sukabumi, karena bubur ini jualan persis di trotoar depan SMP 9. Yang membuat bubur ini istimewa menurut saya adalah tekstur buburnya yang kental dan nggak bikin eneg, dan paes ususnya yang aduhai lezatnya. Harga semangkok bubur mulai dari Rp.14.000, belum termasuk side dish-nya ya. Bukanya dari pagi sampai habis (biasanya jam 10 pagi sudah habis), lalu buka lagi sore jam 4 sampai habis juga. Penjualnya pun beda orang (walau masih satu keluarga) antara pagi dan sore, tapi menurut saya rasanya sama aja. Karena tempatnya nggak begitu besar, waktu yang pas untuk makan disini itudi weekday karena nggak seramai weekend. Nilai minus makan disini adalah antreannya yang nggak terstruktur. Jadi kadang yang datang duluan siapa, yang dapat bubur duluan siapa. Hehehe… Sabar-sabar ya gaes, worth it kok! :)

Bubur Odeon
Kedua, Bubur Odeon. Seperti namanya, bubur ini terletak di kawasan pecinan, Jalan Odeon, Kota Sukabumi. Alamat lengkapnya googling sendiri ya, pokoknya nggak begitu jauh dari klenteng. Yang saya suka dari bubur ini adalah rasanya yang perpaduan antara asin dan asam khas chinese food! Seporsi bubur dibanderol dengan harga Rp.24.000, agak pricey ya untuk ukuran bubur? Tapi It worth every penny! Terdapat dua menu utama yaitu bubur campur dan bubur pisah. Saya biasanya pesan yang bubur campur dimana ada bubur, ayam, pangsit, dan acar. Oh ya, disini juga tersedia bubur ikan lho! Tipsnya kalau mau makan disini, kamu bisa minta tulang atau ceker untuk dinikmati bersama bubur secara gratis! Saya bahkan pernah minta ceker untuk dibungkus dan malah dikasih lebih sama masnya. Mantap!


2. Surabi Tasik Pak Asep
Bandrek dan Surabi Oncom
Jangan bayangin surabi bandung dengan segala kegaulannya itu ya gaes. Surabi yang dijual disini adalah surabi sederhana tapii rasanya nyesss meleleh di mulut! Surabi favorit saya yang meises dan oncom. Enaknya masih kebayang sampe sekarang hehehe (lebay). Yang membuat surabi ini memiliki cita rasa yang khas adalah cara pengolahannya yang menggunakan arang dan tungku. Jadi harus sabar kalau pesan disini dan sedang ada banyak pengunjung. Percaya, it's all worth it!

Selain surabi juga ada berbagai minuman tradisional seperti bandrek. Angetnya langsung menggelegar di tenggorokan. Harga makanan disini tergolong sangat terjangkau. Mulai dari Rp.1500 aja sis!


3. Jajanan Dago
Sebenarnya nama daerahnya jalan Ir H Juanda, tapi karena masuk dalam salah satu tempat gaul di Sukabumi, berubahlah sebutan tempat ini menjadi Dago (berkiblat ke Jalan Dago di Bandung). Sepanjang Dago ini banyak banget pedagang kaki lima yang jual berbagai macam street food menggugah selera. Cocok banget buat kamu-kamu yang suka nyemil. Mulai dari telur gulung, martabak, seblak dengan banyak varian, lumpia basah, cireng isi, thai tea, es coklat, dan masih banyak lainnya. Harganya juga terjangkau banget! Menurut pengalaman saya jajan disini sih yang paling murah (aneka macam gorengan) mulai dari Rp.1000 aja sis! Jajanan disini mulai buka sekitar jam 9 pagi hingga malam.

4. Warung Mama Elga (Kedai 99)
Ayam Tahu Tempe

Mie Goreng Tahu Tempe

Nah yang suka makanan rumahan ramah kantong, pas banget buat makan disini. Letaknya di Jalan surya kencana, dekat SMP 9 (depannya Dinas Kesehatan). Yang membuat spesial makanan disini adalah rasanya yang gurih dan porsinya yang buanyaa! Menu yang disajikan pun beragam, ada tahu tempe goreng, ayam goreng, ceker, mie goreng, nasi goreng, hingga mie kocok. Nggak ada menu sayuran ya, adanya lalapan. Hehehe.. Favorit saya tentu mie gorengnya! Dengan harga Rp.15.000 sajah, kita bisa mendapatkan mie goreng dengan isian bakso dan daging sapi. Mantul kan? :D


5. Butler Bar & Bistro
Walau keberadaan cafe dan bistro sudah menjamur di Sukabumi, tetap menurut saya cuma Butler yang selalu buat saya pengen balik lagi. Makanannya enak-enak dan nuansa bistronya juga homey banget! Lokasinya juga terletak di tengah kota, yang membuat tempat ini pas jadi tempat janjian ngumpul bareng teman-teman.

Favorit saya so far sih Chicken Quesadillas, Sirloin Steak, Nasi Goreng Jimbaran, Brazillian Sweet Pizza, dan Mexican Pizza. Banyak ya? Ya iyalah karena makan disini nggak pernah failed! Hehehhe :)

Well, itu tadi 5 tempat makan asik di Sukabumi versi saya. Ada yang pernah coba dan setuju? Atau bahkan nggak setuju? :D

Lalu, apa kuliner favorit dari asal daerah kamu

You Might Also Like

0 comment(s)

So, what do you think? Leave your comments below!