SOCIAL MEDIA

13.8.19

Jenis Karir Untuk Alumni Manajemen SDM, Ada Yang Cocok?



Salah satu hal yang membuat galau ketika SMA apalagi kalau sudah kelas 12 adalah pilih jurusan kuliah. Dulu juga saya sempat bingung mau lanjut kuliah ke mana dan jurusan apa. Dilemanya antara jurusan pilihan sendiri (mengikuti minat atau passion) dan jurusan pilihan orang tua (simply karena biaya kuliah dibayarin orang tua, hehe). Tapi zaman sekarang kayaknya udah nggak bisa saklek gitu nggak, sih? Harus ada komunikasi dua arah antara anak dan orang tua dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat karena nggak dipungkiri zaman berubah cukup cepat dan banyak jenis pekerjaan baru yang jurusan kuliahnya mungkin belum dipahami oleh orang tua.

Kalau mau lebih meyakinkan orang tua lagi mungkin dengan memilih jurusan yang prospek kerjanya ada di tiap perusahaan, seperti jurusan Manajemen SDM. Jurusan Manajemen SDM merupakan salah satu peminatan bagi mereka yang kuliah jurusan Manajemen. Fokus prodi ini lebih ke mengkaji pengelolaan dan pengembangan dari potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi atau perusahaan, dan juga menyediakan penyedia layanan yang berkaitan dengan individu dalam organisasi.

Nah, lalu bagaimana prospek kerja alumni jurusan ini? Sebagai gambaran luas, bisa dibilang prospek kerjanya sama dengan berbagai peluang kerja dari jurusan Manajemen. Tapi lebih spesifiknya alumni jurusan Manajemen SDM bisa berpeluang karis di bidang berikut:


Konsultan Imigrasi
Siapa sih yang nggak pengen ke luar negeri? Entah kerja atau sekadar jalan-jalan, kayaknya sekarang banyak banget millennial yang sengaja nabung dan bekerja keras demi bisa ke luar negeri. Nah, lulusan Manajemen SDM bisa banget berkarir menjadi Konsultan Imigrasi dimana perannya bisa sebagai pemberi nasihat kepada orang yang akan melakukan perpindahan dari suatu negara dan juga pengurusan berbagai problema yang dihadapi imigran, pengungsi, dari masalah dokumentasi hingga etika dan hukum yang berkaitan dengan imigrasi. 

Selain itu peran lain dari profesi ini diantaranya memberikan nasehat kepada orang yang akan datang dan pergi dari satu negara ke negara lain, memberikan informasi tentang identitas yang diperlukan, memberikan bantuan dalam penanganan masalah imigran dan pengungsi, serta memiliki penguasaan hukum dan etika yang berkaitan dengan imigrasi, izin tinggal, dan kewarganegaraan.


Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM)
Spesialis SDM merupakan profesi yang bekerja untuk mendukung dan berhubungan dengan bidang Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Spesialis SDM biasanya bertugas mencari, menyaring, merekrut, mewawancara, dan menempatkan pegawai pada posisi yang sesuai dengan keahliannya di sebuah organisasi atau perusahaan.

Nggak hanya itu, tugas lain dari profesi yang satu ini adalah menyiapkan dan menjaga arsip lapangan kerja yang berhubungan dengan perekrutan, pemecatan, pemindahan, maupun kenaikan jabatan. Sebagai jembatan antara kepentingan perusahaan dan karyawan, seorang Spesialis SDM juga harus bisa menjelaskan kebijakan tata cara hukum standar dan peraturan kerja pada karyawan, dan berbagai tugas lainnya yang berhubungan dengan kegiatan mendukung pekerjaan bidang SDM sebuah perusahaan.

Nggak perlu khawatir, jika kalian memilih profesi ini dan ingin meningkatkan skill, ada cukup banyak kursus online murah yang ditawarkan untuk terus upgrade ilmu!


Spesialis Pelatihan dan Pengembangan
Dalam sebuah perusahaan, Spesialis Pelatihan dan Pengembangan melakukan program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kinerja kerja karyawan, baik secara individu atau perorangan keseluruhan dari organisasi tersebut. Profesi yang satu ini juga melakukan analisa kebutuhan pelatihan serta pengembangan, tentunya digunakan untuk kepentingan perusahaan atau organisasi yang menaunginya.


Manajer Umum dan Operasional
Mahasiswa yang mengambil kuliah jurusan Manajemen SDM memiliki peluang menjadi Manajer Umum dan Operasional di sebuah perusahaan, sebuah profesi yang banyak dibutuhkan baik di perusahaan kecil maupun besar. Profesi yang satu ini memiliki tugas merencanakan, mengarahkan, atau melakukan koordinasi pelaksanaan organisasi yang dinaunginya. 

Selain itu Manajer Umum dan Operasional juga memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan operasional, mengatur pelaksanaan harian, dan juga melakukan perencanaan penggunaan bahan dan sumber daya manusia yang dimiliki.

Tugas dari manajer umum dan operasional terbilang kompleks, karenanya berbagai pengetahuan wajib dimiliki oleh bagian saat ini seperti administrasi dan manajemen, ekonomi dan akuntansi, matematika, penjualan dan pemasaran, personil dan sumber daya manusia, bahkan kemampuan bahasa Inggris wajib dimiliki untuk sukses di profesi yang satu ini.


Manajer Sumber Daya Manusia
Profesi yang satu ini berperan sangat penting dalam sebuah perusahaan, bertugas sebagai perencana, pengarah, dan melakukan koordinasi fungsi administrasi dari suatu organisasi yang dimasukinya. Karyawan yang berpotensi sebagai manajer SDM melakukan pengawasan perekrutan, wawancarai, dan juga mempekerjakan karyawan baru, selain itu mereka juga melakukan konsultasi dengan tujuan membentuk rencana strategis dan bertindak sebagai penghubung antara manajemen sebuah perusahaan dan karyawan.

Untuk mendapatkan profesi ini, selain melakukan pendidikan formal banyak di antara mereka juga melakukan kursus online murah untuk mendapatkan sertifikasi maupun skill tambahan dalam bidang ini.


Spesialis Pelatihan dan Pengembangan
Profesi ini dapat memberikan efek yang baik untuk karyawan karena kalian akan bertugas membantu karyawan mengembangkan diri dan mampu memahami profesinya secara lebih profesional. Selain itu, kalian juga akan bertanggungjawab pada pelatihan dan pengembangan karyawan dengan meningkatkan nilai kerjasama dalam melaksanakan pekerjaan, mampu memahami dengan mudah informasi yang disampaikan perusahaan, dan berbagai hal lainnya yang mampu meningkatkan skill atau kemampuan karyawan perusahaan tersebut.


Penilai Kinerja Karyawan
Bagian Penilaian Kinerja Karyawan bertugas melakukan pengetesan, pemeriksaan, evaluasi, dan memetakan kemampuan pekerja yang hasilnya bisa digunakan oleh perusahaan tersebut untuk mengembangkan serta melakukan evaluasi karyawan. Profesi ini bekerja di bawah departemen Human Resources. Biasanya Penilai Kinerja Karyawan bekerja secara freelance, namun sebagian perusahaan juga ada yang menjadikannya sebagai pegawai tetap.


Nah itu dia beberapa profesi yang bisa kamu ambil setelah menempuh pendidikan Manajemen SDM. Selain dari berbagai profesi di atas, alumni dari mahasiswa yang mengambil kuliah jurusan Manajemen SDM juga memiliki peluang yang besar untuk membuka sebuah bisnis baru yang diimpikan. Bukan hanya Manajemen SDM saja, berbagai konsentrasi bidang Manajemen lainnya juga memiliki peluang karir yang sangat besar. Karena disadari atau tidak, setiap organisasi apapun skalanya pasti membutuhkan Manajemen SDM yang baik untuk keberlangsungan perusahaannya.

Gimana, masih galau nggak mau kuliah jurusan apa? Discuss di kolom komentar yuk tentang apa yang membuat kamu bingung!

Sampai jumpa di postingan selanjutnya! ☺

2 comments :

  1. saya kira awalnya hanya berkutat soal pelatihan, pengembangan, sdm, dan karyawan/pegawai, yang ga terpikirkan menjadi konsultan imigrasi ya mbak,

    makasih sharingnya

    ReplyDelete