SOCIAL MEDIA

11.9.19

Makan Siang Nikmat di Desa Wisata Pujon Kidul, Malang.


Ngomongin wisata di Malang memang nggak ada habisnya. Kayaknya ada aja tempat baru yang wajib dikunjungi, entah itu untuk refreshing ataupun sekadar berburu foto yang instagramable.

Nah kebetulan waktu libur sekolah kemarin, saya sekeluarga jalan-jalan ke Desa Wisata Pujon Kidul yang terletak di Pujon, Kabupaten Malang. Lokasinya lumayan jauh sih, kalau dari Kota Malang perjalanannya sekitar 1,5 jam. Sementara saya dari Lawang (not) City, of course, perjalanan ditempuh sekitar 2,5 jam.


Ada apa sih sebenarnya di Desa Wisata Pujon Kidul ini? Kok kayaknya rame banget di Instagram?  Ya jelas, selain banyak spot fotonya trus ada apalagi gitu? Setelah cari tahu, ternyata Pujon Kidul ini adalah salah satu contoh desa wisata yang sukses berkembang. Desa ini dulu didominasi oleh sawah yang tidak terlalu subur, namun dengan sinergi antar masyarakat, desa dengan luas 323.159 Ha ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata Malang yang populer!

Konon perubahan desa ini dimulai dengan upaya pengelolaan air bersih oleh masyarakat tahun 2015 silam. Konsep yang digunakan yaitu desa wisata dan dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar. Karena itulah masyarakat membangun titik-titik wisata yang bisa menarik pengunjung seperti beragam atraksi permainan hingga spot untuk foto yang menarik. Masyarakat yang dulunya pengangguran pun kini memiliki perkejaan dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang. Saking heitz nya, penghasilan Desa Wisata ini mencapai 14 Miliar per tahunnya! WOW! Dan masih, semua pelaku dan pekerja merupakan penduduk asli Pujon Kidul. Keren ya!

Baca juga: Ke Bromo (Lagi) Yuk!

Saya pun datang ke sini karena Mamake yang penasaran sehabis nonton liputan kuliner dan wisata desa ini di TV. Hamparan sawah dan udara sejuk langsung menyapa saya ketika datang. So refreshing! Ada banyak spot wisata yang bisa dikunjungi seperti bermain paintball, ATV, hingga panahan. Tiket masuk ke desa wisata ini Rp.5.000 yang nanti bisa ditukar untuk tiket masuk atraksi, belanja sayur dan buah, atau sebagai voucher diskon dengan nominal yang sama di Kafe Sawah. Wah kebetulan karena tujuan utama kami adalah makan siang di Kafe Sawah, satu-satunya kafe/rumah makan yang ada di sini. 

Sesuai namanya, Kafe Sawah, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan sawah yang terbentang mengelilingi kafe. Tak hanya itu, undakan bebatuan dan suasana makan di saung menambah khusyuk sensasi persawahan desa yang asri dan tenang. Belum lagi menu yang disajikan! Alamak, sangat menggugah selera! Ada nasi jagung, tumis ikan asin, dan beragam lauk "sederhana" yang nampol untuk menjadi menu makan siang.

Untuk harga makanan, jangan khawatir karena amat terjangkau. Ditambah lagi dengan diskon dari voucher tiket masuk yang tadi. Kami saja makan untuk tiga orang sudah dengan minum hanya Rp.80.000! Cukup terjangkau untuk kawasan wisata, bukan? Perut kenyang hati senang!









Perut sudah kenyang, kami lalu menikmati waktu dengan berjalan-jalan santai di sekitar cafe.  Pengunjung bisa foto foto dan ngasih makan ikan (makanannya beli dengan harga Rp.5.000) per bungkus. Baby D excited banget ngasih makan ikannya! Secara dia kan suka banget sama binatang!


Oh ya sebenarnya bisa juga sih masuk ke spot wisata untuk main paint ball atau mobil ATV. Tapi kami super mager wkwk. Tapi sebelum pulang saya sempet nyobain paint ball yang cuma nembak sasaran gitu. Berhasil? Oh tentu tidak.... good bye Rp.20.000 ku yang berharga πŸ€£




Untuk buah tangan (umm... sebenarnya saya beli buat diri sendiri sih wk), sebelum pulang saya beli beberapa sayur mayur yang tersedia di warung dekat pintu masuk. Sayurnya segar semua! Duh pengen borong aja rasanya *jiwa buibunya keluar*. Habis gimana, harganya juga murah banget, saya beli satu jaring tomat, terong, sawi putih, dan kentang yang harga masing-masing cuma Rp.5000 aja! Kenyang banget itu sayur mayur buat stok selama seminggu πŸ€£






Intinya, wisata ke Desa Wisata Pujon Kidul ini cucok banget dinikmati bersama keluarga. Entah mau melakukan aktivitas yang menantang, sekadar foto-foto atau bersantai menghirup udara sejuk dan segar ya bisa kesini. Alternatif liburan di Malang selain Batu! πŸ˜



Desa Wisata Pujon Kidul
Kec Pujon Kab Malang
Provinsi Jawa Timur



46 comments :

  1. Wahh, udah tiket masuknya murah, lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, harga makanan di lokasi terjangkau, tempatnya instagrammable, ada sarana buat anak main/interaksi sama binatang, bonus belanja sayuran murmer pulaaa... Lokasi wisata yang cocok banget buat ibu-ibu, ini, hehehe.

    ReplyDelete
  2. Aku sering kesini mbak, tapi aku jarang jajan kalo ke PujonπŸ˜‚. Cuma suka foto-foto aja, tempatnya bagus dan seger.
    Soon bisa lah dicoba makan disitu🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha one stop photo destination ya 😁

      Delete
  3. Alhamdulillah banget itu potensi desa wisata ini, semoga terus dikembangkan ya oleh warga sekitar karena bisa menarik para wisatawan untuk bolak balik ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Dan semoga desa-desa lain yang berpotensi juga segera menusul 😁

      Delete
  4. Desa wisata pujon kidul ya Mba namanya. Kemarin cuma 2 hari cuma di sekitar Batu aja. Boleh nih jadi referensi selanjutnya hihi. Semoga ada kesempatan ke sana, aamiin

    ReplyDelete
  5. Selalu jadi keinginan terbesar buat main ke malang, hehe apalagi kulinernya yaampun, wisata alamnya juga, ah pokoknya pgn bgt kesana huhu keren bgt itu tempatnya kak

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mba. Saya baru 2 bulan ini tinggal di malang. Daannn belum pernah menjelajah Pujon Kidul. Terimakasih rekomendasinya yaaa. Makin penasaran nih mau menjelajah sama bocah-bocah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga! Waaa selamat datang di Malang! Aku juga baru setahunan di sini kok hehe

      Delete
  7. MashaAllah , sayuran campur campur hanya 5000. betapa itu surga bagi saya belanja Sayur Segar tapi murah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhhh... nggak mbak, per sayur seiikatmya 5000 maksudnya, bukan semuanya πŸ˜€

      Delete
  8. Mba keputusanmu borong sayuran aku dukung hahahaha ya ampun murah banget semuanya dibandrol harga 5000 doang ga nyesel yah main ke tempat beginian udah mah bagus banget viewnya buat penuhin feed instagram, makananya murah mantul deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa itu harga per pcs mbak, bukan harga semuanya hehehe πŸ˜€

      Delete
  9. Wisata keluarga banget ya Mbak, bisa jadi referensi nih kalo ke Malang.

    ReplyDelete
  10. Wah ada tempat kece begini aku baru tau padahal bulan lalu aku ke malang. Duh malang tuh gak pernah ngebosenin untuk dikunjungi. Aku kaget kok makanannya murah ya mba, padahal pengalaman saya kemarin tuh makan di malang sama batu berdua tuh minimal 100ribu kalo di tempat wisata. Aku sampe heran kok sekarang komersil amat, ga kyk Jogja.. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku malah di Malang ini jajanan di tempat wisatanya masih sangat terjangkau mbak :)

      Delete
  11. Wah seru mbak, aku suka tempat wisata yang kayak gini. Berarti ini nggak ada kendaraan umum ya mbak untuk kesana? Aksesnya cuma pakai kendaraan pribadi? Khawatir nyasar sih kalau solo traveling hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku nggak ada nih huhu... masih jadi PR pemerintah di banyak sektor wisata nih.. Mungkin bisa pake tour n travel, atau bisa pakai tranportasi online. Tapi kalau mau kesini saya saranin sih carter mobil aja :)

      Delete
  12. Ini kok tempatnya enak banget sih? Kayaknya aku harus mengagendakan ke Malang nih karena banyak tempat yang ingin aku kunjungi bersama keluarga juga. Seru ya main di Pujon Kidul ini.

    ReplyDelete
  13. Wah sayuran lengkap harganya masing masing lima ribu aja ya? Ih senang banget.
    Mana segar segar lagi ya
    Semoga semakin banyak desa wisata begini biar kelestarian alam terus dijaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak, beli sebanyak itu baru habis sebulan hahaha :D

      Delete
  14. wah daerah wisata di Malang sekarang tak ada habisnya ya. Selalu saja ada yang baru. Aku dari dulu ingin wisata ke Malang tapi belum kesampaian nih. Doakan bis akesana juga ya kak

    ReplyDelete
  15. Ini sih kayaknya wajib banget didatangi kalau ke Malang. Kebetulan bude saya tinggal di Malang. Tiap ke Malang belum pernah kesempatan jalan jalan lebih jauh eksplot Malang. Next, wajib banget kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa iya mbak harus dimaksimalin jalan-jalan kalau lagi mampir ke budenya hehe

      Delete
  16. Tempatnya bikin betah untuk balik lagi ya.. ngga hanya menikmati menu makanan yang lezat juga bisa menikmati suasana yang asri, segar dan jadi tempat refreshing tersediri ya mbak.. seneng liatnya.. dan semoga suatu hari nanti bisa kesini juga

    ReplyDelete
  17. Waktu jaman kuliah udah ga keitung berapa kali lewatin pujon ini mba tapi aku belum pernah nikmatin wisata pujon kidul ini. Mau banget deh kalo k Malang untuk k kafe Sawah ini, murceee banget ya Allah yaa makanan d Malang tuh, ini yg bikin kangen haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa kuliah di mana mbak? Iya harga makanannya terjangkau sekali :)

      Delete
  18. aku selalu heran dengan malang..gak ada habisnya untuk menghadirkan tempat yang kece..selalu pengen ke sana . Padahal jauh dan lumayan susah aksesnya..hhihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Cuma masih PR akses aja karena harus sewa mobil atau pakai kendaraan pribadi sih hehe

      Delete
  19. Aduh Malang, aku pengen banget nih stay lama disini. MInimal seminggu lah ya biar bisa explore banyak hal hahaha. Aku baru sampai Prigen aja kemarin. Cuman jadinya lebih cepet yaa, soalnya aku dari rumah mertua di Madiun. Ada tol baru lebih menyenangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa di Prigen ke kebun binatang ya, mbak? Iya lewat tol lebih cepat sekarang :)

      Delete
  20. Aku baru 2 kali ini ke sini, sih, Mbak. Memang pas buat refreshing. Andaikan ada colokan dan wifi, dijamin aku nggak akan pulang. Hahha. Lumayan dekat dari rumahku, meski nggak bisa dibilang dekat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya! Belum ada wifi ya disana... Aku pake provider im3 sih dan pas disana alhamdulillah sinyal aman-aman aja :)

      Delete
  21. seru banget, selain bisa bersantap untuk kita, bisa kasih makan ikan juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, alternatif kegiatan aja sama anak kecil :)

      Delete
  22. Rekommended nih mbak tempatnya. Bisa dibuat belajar sambil bermain.

    Makanannya juga pas banget dilidah lokal kayak aku gini.. haha.. anyway, makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  23. Ini makannya bener - bener nikmat dan bakalan banyak nambah, secara kalau makan ditempat adem gini suka laper terus heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak! Pulang-pulang timbangan naik drastis deh, hihihi :))

      Delete